Duplicate data

Pencarian Data Ganda pada 2 kolom

Fungsi MATCH akan digunakan untuk mengecek data yang ada pada kolom satu dan mencari duplikatnya pada kolom kedua, jika duplikatnya ditemukan maka akan menghasilkan sebuah nilai yang bisa dicutomize, sedangkan jika fungsi MATCH tidak menemukan duplikat pada kolom kedua, maka akan mengghasilkan/menampilkan nilai  #N/A

Syntax / aturan penulisan rumus MATCH yaitu:

MATCH(lookup_value,lookup_array,match_type)

Karena keterbatasan fungsi MATCH maka untuk menghindari excel menampilkan hasil error berupa  #N/A  maka kita dapat menggunakan fungsi lain dari excel yang khusus untuk menangani kesalahan #N/A, yaitu fungsi ISNA, Fungsi ISNA  akan berfungsi untuk menangani error #N/A . Sekedar mengingatkan saja  Fungsi ISNA adalah merupakan fungsi turunan dan fungsi IS, beberapa fungsi turunan dari IS lainnya adalah:

ISBLANK(value), ISERR(value), ISERROR(value), ISLOGICAL(value), ISNA(value), ISNONTEXT(value), SNUMBER(value), ISREF(value), ISTEXT(value), ISEVEN(number), ISODD(number)

Agar lebih mudah memahami penggunaan fungsi IF(ISNA(MATCH)) silahkan ikuti prosedur berikut:

  1. Buat tabel data seperti di bawah ini:
  2. duplikat
  3. Kolom A dan kolom D berisi data, kolom E akan diisi dengan formula untuk mengecek /menguji apakah formula excel menemukan data duplikat dari kolom A pada kolom D.

Di sel E2 ketik rumus:

=IF(ISNA(MATCH(D2,$A$2:$A$80,0)),”unik”,”duplikat”)

Fungsi di atas akan mengecek nilai duplikat dari kolom A pada kolom D, Jika Di temukan duplikat di kolom A, maka akan tercetak “duplikat”. Jika tidak di temukan akan otomatis “Unik”.

Ini sangat berguna untuk memastikan bahwa tidak ada yang terlewati saat kita membuat data yang sama di antara 2 sheet. Jadi 1 data akan mengecek ke 1 kolom yang sudah di tentukan.

(D2,$A$2:$A$80,0)

D2 yang akan jadi data, $A$2:$A$80 di maksudkan range kolom yang akan di check duplikatnya.